Minggu, 16 Desember 2018

Pengertian dan Perbedaan LAN,MAN dan WAN

PENGERTIAN LAN MAN dan WAN


Pasti kalian pernah mendengar kalimat LAN,MAN,dan WAN. Tahukah kalian maksud dari kata itu? jika belum,langsung saja kita bahas disini.

Apa itu LAN?


LAN merupakan singkatan dari Local Area Nerwork. LAN adalah sebuah kolompok jaringan local yang saling berbagi sumber daya dan hanya mencangkup jaringan lokal saja. Seperti pengertiannya,LAN hanya mencangkup suatu jaringan lokal saja. Contohnya suatu jaringan komputer rumah,atau sebuah warung internet(Warnet) dan lain sejenisnya.

Suatu rumah yang memiliki jaringan komputer jika rumah itu memiliki hubungan antara komponen alat-alat yang menunjang untuk digunakan. Seperti printer,switch(hub),kabel UTP, atau hal lainnya. Seperti halnya juga suatu warung internet,itu merupakan juga suatu jaringan LAN karena terjadi hubungan antar komponennya. Antara lain: Komputer,Printer,HUB,Router,Access point, dan lainnya. Dalam LAN pun terjadi struktur antar jaringan,ada jaringan peer-to-peer dan juga ada Client-Server. Lalu apa jaringan yang lebih besar dari LAN? Jawabanya adalah Jaringan MAN dan WAN. Langsung saja kita bahas untuk jaringan MAN.

Apa itu MAN?


MAN juga merupakan singkatan,kepanjangannya adalah Metropolitan Area Network. Seperti namanya, MAN adalah jaringan yang mencangkup hubungan antar kota dan antar jaringan LAN. Contohnya jaringan LAN pada rumah dan warnet tadi saling berhubungan antar jaringan LAN lainnya yang jaraknya masih satu kota atau wilayah namun saling berjauhan. Pastinya,suatu jaringan LAN mencangkup area kota. Dan jika dikatakan jaringan yang lebih besar dari LAN,maka itu benar dan MAN tidak lebih besar dari jaringan WAN. Apa itu jaringan WAN? Langsung saja kita bahas.

Apa itu jaringan WAN?


WAN singkatan dari Wide Area Network,adalah Jaringan komputer yang mencangkup hubungan jaringan MAN dalam area yang sangat luas/Global. Jaringan WAN merupakan jaringan terbesar,mencangkup area yang sangat luas seperti hubungan jaringan antar negara.

Semuanya itu tentunya untuk tujuan yang positif,namun dimana ada positif maka ada pula negatifnya. Kita sebaiknya melakukannya untuk tujuan positif tentunya,karena pada dasarnya jaringan dibuat untuk mempermudah dalam pengiriman data dan pengamanan data. Jadi, gunakan jaringan dengan baik,pintar,dan cermat.